Pria Kena Stroke Usia 33, Kerap Keluhkan Gejala Ini saat Bangun Tidur

  • Whatsapp
Ilustrasi pasien dirawat gegara stroke (Foto: Getty Images/iStockphoto/SDI Productions) Baca artikel detikHealth, "Fakta-fakta Pria Kena Stroke di Usia 33, Kerap Keluhkan Gejala Ini saat Bangun Tidur" selengkapnya https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6821966/fakta-fakta-pria-kena-stroke-di-usia-33-kerap-keluhkan-gejala-ini-saat-bangun-tidur.

Kondisi Terkini Alex Pasca Stroke

Setelah menjalani perawatan intensif, Alex dinyatakan pulih dan tak mengalami kerusakan jangka panjang. Meski begitu, pria berusia 33 tahun itu perlu menjalani beberapa kali pemeriksaan untuk memperbaiki aneurisma aortanya demi mencegah stroke di masa depan.

“‘Pelajaran terbesar yang saya pelajari dari pengalaman ini adalah jika Anda berpikir ada sesuatu yang salah, segera cari pertolongan medis. Percayalah, itu sepadan,” ucap Alex.

Dikutip dari Cleveland Clinic, stroke adalah kondisi yang mengancam jiwa, terjadi ketika bagian otak tak memiliki aliran darah yang cukup. Kondisi ini paling sering terjadi karena arteri tersumbat atau adanya perdarahan di otak.

Tanpa suplai darah yang stabil, sel-sel otak di area tersebut mulai mati karena kekurangan oksigen.

Siapa saja bisa terkena stroke, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, namun ada beberapa orang yang memiliki risiko lebih besar dibandingkan yang lain. Sekitar dua pertiga dari stroke terjadi pada orang di atas usia 65 tahun.

Ada juga kondisi medis tertentu yang meningkatkan risiko stroke, antara lain tekanan darah tinggi (hipertensi), kolesterol tinggi (hiperlipidemia), diabetes tipe 2, dan orang yang memiliki riwayat stroke, serangan jantung, atau irama jantung tidak teratur seperti fibrilasi atrium.

Berita terkait