Ini 10 Minuman Terburuk untuk Kesehatan Usus, Cek Selengkapnya !

  • Whatsapp
Foto: Site News

3. Minuman berenergi

Jika Anda memilih minuman berenergi untuk menghilangkan kepenatan, sebaiknya hindari. Menurut nutrisionis Lauren Harris-Pincus minuman energi dengan kafein tinggi dapat menyebabkan gastritis, peradangan, peningkatan motilitas usus, dan diare.

Pincus menjelaskan bahwa kelebihan kafein dapat menyebabkan lambung mengeluarkan lebih banyak asam dari biasanya, yang dapat memperburuk gejala refluks. “Itu juga dapat menyebabkan kegugupan dan meningkatkan kecemasan yang dapat memperburuk gejala pada orang dengan sindrom iritasi usus besar (IBS).”

4. Kopi

Minuman berkafein seperti kopi adalah stimulan yang meningkatkan motilitas usus, yang berarti minuman ini dapat mempercepat saluran pencernaan. Efek stimulan ini dapat memicu diare yang akhirnya menyebabkan dehidrasi.

Selain itu, kafein bersifat diuretik ringan, yang membuat Anda lebih sering buang air kecil. Kafein juga dapat meningkatkan kecemasan dan stres, membuat lebih sulit untuk tidur nyenyak, dan memperburuk gejala pada orang yang memiliki sindrom iritasi usus besar (IBS) atau penyakit radang usus (IBD).

FDA merekomendasikan konsumsi kafein maksimal sebanyak 400 miligram setiap hari, atau sekitar 3 cangkir. Namun, pengaruh kafein kepada tiap orang berbeda-beda.

Meskipun minum kopi dalam jumlah sedang dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan, minum terlalu banyak dapat menyebabkan masalah usus.

Berita terkait