Ini 10 Minuman Terburuk untuk Kesehatan Usus, Cek Selengkapnya !

  • Whatsapp
Foto: Site News

5. Soda

Pada penderita IBS atau IBD, minum banyak gula rafinasi, seperti soda dapat menyebabkan gangguan pencernaan karena gula tidak terserap dengan baik ke dalam usus. Hal ini menyebabkan air ditarik ke dalam saluran pencernaan dan ke dalam usus untuk mengencerkan dan membuang kelebihan gula, yang dapat menyebabkan tinja dan diare.

Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi gula yang lebih tinggi dapat mengubah mikrobioma usus secara negatif, membuatnya tidak seimbang dan rusak, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan lebih lanjut.

6. Minuman berkarbonasi

Sejumlah penelitian mengaitkan konsumsi minuman berkarbonasi dengan gangguan pencernaan. Misalnya, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition, Metabolism & Cardiovascular Diseases, menemukan bahwa ada kemungkinan hubungan antara minuman berbuih dan tekanan di perut, tetapi sebagian besar potensi tekanan terjadi setelah minum 300 mililiter atau lebih.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minuman ringan bersoda dapat meningkatkan risiko kanker pankreas.

Berita terkait