Ini 10 Minuman Terburuk untuk Kesehatan Usus, Cek Selengkapnya !

  • Whatsapp
Foto: Site News

9. Minuman cokelat

Pada beberapa orang, konsumsi minuman coklat dapat menyebabkan refluks asam. Ini adalah saat asam di kerongkongan Anda berbalik dan menyebabkan mulas. Jika Anda mengalami refluks asam lebih dari dua kali seminggu, Anda mungkin didiagnosis menderita refluks asam yang lebih parah yang dikenal sebagai penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

Gejala GERD lainnya termasuk kesulitan menelan, batuk, memuntahkan makanan atau cairan asam ke dalam mulut, mengi, dan nyeri dada terutama saat Anda berbaring setelah makan.

Dikutip dari Academy of Nutrition & Dietetics, GERD dapat diperburuk pada beberapa orang dengan makanan tertentu, termasuk cokelat, dan dapat memicu kekambuhan. Jika minuman cokelat memperburuk GERD Anda, sebaiknya hindari minuman ini demi kesehatan usus.

10. Minuman berpemanis buatan

Saat Anda sedang diet menurunkan berat badan, adakalanya beralih ke minuman nol kalori yang menggunakan pemanis buatan seperti aspartam dan sukralosa.

Sayangnya, bahan-bahan tersebut berpotensi menimbulkan gejala gastrointestinal yang tidak nyaman seperti perut kembung, kembung, dan diare bagi sebagian orang. Tidak hanya itu, beberapa penelitian telah menemukan bahwa pemanis buatan dapat menyebabkan ketidakseimbangan mikrobioma usus.

Jika Anda sensitif terhadap pemanis buatan ini, pilihlah air putih atau air soda beraroma yang tidak mengandung pemanis buatan. Anda juga dapat memilih soda probiotik untuk menggantikan minuman diet favorit Anda. ***

Editor/Sumber: Riky/Detik.com

Berita terkait